Pojok Push-up Comedy : Sarjana Jualan Ijazah BSNP vs BNSP mengakui Jualan Ijazah lewat BNSP


*Febby Cahya Triandra

Kita akan bicara tentang dua hal yang sangat dekat di hati para pendidik: Kurikulum BSNP dan BNSP. Kalian tahu kan? BSNP itu singkatan dari Badan Standar Nasional Pendidikan, sedangkan BNSP itu Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Beda tipis ya, cuma satu huruf, tapi dampaknya bisa bikin pusing tujuh keliling!

Jadi, pertama kali saya dengar tentang BSNP dan BNSP, saya pikir ini nama grup boyband baru. Serius, mirip banget kan? Saya ngebayangin mereka nyanyi lagu-lagu romantis tentang... standar pendidikan dan sertifikasi profesi. "Oh baby, kamu sudah standar nasional, tapi apakah kamu sudah bersertifikat?"

Bca juga : http://febbytriandrawold.blogspot.com/2024/07/pojok-stand-up-comedy-captain-america.html

Kita mulai dengan BSNP dulu ya. Ini badan yang menentukan standar pendidikan di Indonesia. Mereka ini kayak pacar posesif, semua harus sesuai standar. Buku harus sesuai standar, guru harus sesuai standar, murid... yah, murid kalau bisa juga sesuai standar. Kalau ada yang melenceng sedikit, langsung dipanggil bimbingan konseling. "Pak, anak saya kena BSNP karena rambutnya melebihi standar panjang."

Lalu ada BNSP, yang ngurusin sertifikasi profesi. Ini lebih kayak ibunya pacar posesif tadi. Setelah kamu memenuhi standar dari BSNP, kamu harus dapat sertifikasi dari BNSP. Ini kayak dapet restu dari ibu pacar. "Selamat ya, kamu lulus ujian cinta dan kini bersertifikat sebagai calon menantu."

Tapi serius, ada saatnya kita bingung antara BSNP dan BNSP. Kayak waktu guru-guru mau ngasih ujian, ada yang bingung. "Eh, ini standar ujian dari BSNP atau kita harus sertifikasi dulu ke BNSP?"

Sebenarnya, lucu juga kalau mereka saling tukar tugas. Bayangkan kalau BSNP ngurusin sertifikasi profesi. "Selamat pagi, Anda dinyatakan lulus sertifikasi profesi dengan standar pendidikan dasar dan menengah." 

Baca juga : http://febbytriandrawold.blogspot.com/2024/07/pojok-stand-up-comedy-bsnp-vs-bnsp.html

Dan BNSP ngurusin standar pendidikan. "Mohon maaf, nilai matematika Anda kurang. Silakan ambil lagi pelatihan penghitungan cepat dan efisien."

Intinya, di dunia pendidikan kita memang penuh dengan singkatan dan badan yang bikin hidup semakin seru. Tapi ingat, walaupun singkatannya beda tipis, keduanya sama-sama punya tujuan mulia: memastikan kita punya pendidikan dan profesi yang berkualitas. Jadi, mari kita hargai kerja keras mereka... sambil tetap mencari cara agar kita bisa ingat bedanya.

Komentar

Postingan Populer