5 Tanda Anda Memiliki Kesadaran Diri Lebih dari Rata-Rata Orang Menurut Psikologi,


Kesadaran diri adalah landasan kecerdasan emosional. Ada hubungan yang selaras antara keduanya, apabila kesadaran diri tinggi maka kecerdasan emosional juga bagus.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli menemukan bahwa orang yang memiliki kesadaran diri tinggi cenderung melakukan hal-hal tertentu yang membedakan mereka dari orang lain.

Dilansir dari laman Hackspirit, terdapat beberapa tanda yang menunjukkan Anda memiliki kesadaran diri lebih tinggi dari orang pada umumnya di antaranya:

1. Bersikap terbuka terhadap masukan yang membangun

Seseorang yang memiliki kesadaran diri tinggi mereka mampu melihat umpan balik sebagai hadiah bukan hambatan apalagi ancaman. Mereka sangat memahami bahwa kritik yang membangun adalah alat utama untuk pertumbuhan pribadi bukan sesuatu yang bersifat defensif.

Seorang psikolog organisasi dan penulis yang bernama Tasha Eurich menjelaskan bahwa salah satu cara untuk mengembangkan kesadaran diri adalah dengan bertanya seorang kritikus dengan penuh kasih untuk umpan balik.

Dengan bersikap terbuka terhadap masukan menunjukkan tingkat kesadaran diri tinggi karena Anda mengakui bahwa Anda tidak memiliki semua jawaban dan selalu ada ruang untuk perbaikan.

2. Memahami kekuatan dan kelemahan diri

Tanda kedua setelah terbuka akan masukan adalah mampu memahami kekuatan dan kelemahan pada diri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rata-rata orang melebih-lebihkan diri dan kemampuannya hanya karena Anda merasa kuat dalam bidang tertentu bukan berarti hal itu benar.

Orang yang memiliki kesadaran diri tinggi mampu mengetahui dan memahami kelebihan dan kekurangannya. Bahkan mereka bisa meminta bantuan dan masukan dari orang lain atas kelebihan atau kekurangan yang dimiliki.

Menurut pakar kesejahteraan, Tchiki Davis, Ph.D., menjelaskan bahwa dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri berhubungan langsung dengan kesadaran diri.

3. Menyadari bias Anda sendiri

Bias merupakan preferensi otomatis yang bisa kita condongkan tanpa kita sadari. Setiap orang tentu mempunyai bias namun jarang mereka sadari.

Seorang peneliti Clara Wilkins menjelaskan bahwa kebanyakan orang ragu-ragu untuk menganggap diri mereka ikut serta dalam bias. Karena dari bias ini orang-orang yang sadar diri akan menonjol.

4. Memiliki keselarasan antara emosi dan kebutuhan yang mengaturnya

Kecerdasan emosional terdiri dari kesadaran diri dan pengaturan diri bersama dengan motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Anda tidak dapat mengatur emosi tanpa terlebih dahulu menyadari diri sendiri.

Anda perlu memahami bahwa menyadari emosi adalah satu hal tetapi pengaturan diri melangkah lebih jauh. Itulah sebabnya mampu mengendalikan emosi adalah tanda besar bahwa Anda sadar diri.

5. Mampu menetapkan batasan dan mempertahankannya

Hal yang perlu Anda ketahui dalam menetapkan batasan adalah mengetahui dimana Anda menarik garis batas antara apa yang Anda sukai dan apa yang tidak.

Sejatinya cerdas menetapkan dan menaati batasan-batasan ini benar-benar menunjukkan bahwa Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang siapa diri Anda.

Seorang pakar EQ yang bernama Justin Bariso mengatakan bahwa kesadaran dirinyalah yang memungkinkan dia bisa menetapkan batasan dan menikmati pekerjaan lagi.

Komentar

Postingan Populer