Filosofi Pelajaran Hidup Salmon

Filosofi Pelajaran Hidup ala Ikan Salmon
Oleh : *Febby Triandra

Migrasi dan Adaptasi. Seperti layaknya ikan Salmon yang selalu bermigrasi Salmon dari perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi guna menjamin kelangsungan hidupnya, manusia pun juga serupa.

Ikan salmon memiliki daur hidup yang begitu unik dan syarat akan makna kehidupan yang begitu berarti. Seekor ikan salmon yang hidup sampai dewasa itu memerlukan pengorbanan yang luar biasa dari kedua induknya ,maupun dirinya sendiri.

Rela Berkorban. Kehidupan ikan salmon dimulai dari pengorbanan sang induk betina yang meninggal setelah proses bertelur, hal ini terjadi karena sang induk betina telah kelelahan selama perjalan pulang dari perairan laut menuju tempat bertelur dan bertemu induk jantan. Inilah yang membuat ikan salmon berbeda dari jenis ikan lainnya dalam hal perkembang biakannya. Mereka akan kembali ke tempat asal mereka lahir untuk berkembang biak meneruskan keturunannya. Dalam kehidupan manusia pun seharusnya kita jangan pernah melupakan kampung halaman dimana kita tumbuh berkembang.

Minoritas. Hanya 10% dari jumlah telur ikan salmon yang mencapai tahap tubuh berwarna keperakan yang siap dikonsumsi. Ikan salmon yang berkembang biak biasanya akan kembali ke tempat mereka dilahirkan.

Melawan Arus dengan Pendakian dan mengarungi sungai. Ikan salmon dapat melakukan perjalanan yang menakjubkan, yakni mengarungi arus sungai sejauh 1.400 km dan mendaki setinggi 2.100 m dari laut menuju ke tempat mereka dilahirkan.

Kata Kunci : Migrasi dan Adaptasi, Minoritas, Melawan Arus & Mendaki, Rela Berkorban.

Selamat Berjuang !!!

Komentar

Postingan Populer