Manfaat Magang dan Kurikulum Fleksibel PeTIK Jombang (Kurikulum Merdeka Belajar)


"Menjejak Ilmu Manfaat dengan Magang guna Mutu Pendidikan dengan Kurikulum Merdeka Belajar. 

Bismillah. Beberapa dosen, mahasantri, beberapa orang bahkan semut yang berbaris didinding juga bertanya tentang urgensi Program magang. Seriusan nih? Nih alasannya...simak! 

Mengirimkan mahasantri PeTIK Jombang ke daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) di Blitar Selatan antara PeTIK Jombang dengan AlKhusyuk Sholat Center, Master Prima, Manajer Tholabie padahal perkuliahan belum selesai apakah bijak? Banyak cara mudah menjawabnya, namun kita pakai peraturan dasar saja. Peraturan Pemerintah. Simak sekali lagi! 

Maka guna menjawab itu mudah, cukup diminta baca kembali tentang Kurikulum Merdeka Belajar!

Kurikulum Merdeka Belajar adalah PEMBELAJARAN YANG  FLEKSIBEL. Kurikulum Merdeka menawarkan struktur kurikulum yang lebih fleksibel dan berfokus pada materi esensial sehingga memberikan keleluasaan bagi guru untuk mengajar sesuai kebutuhan dan karakteristik mahasantri. Kurikulum Merdeka juga mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan kurikulum sebelumnya, yaitu lebih sederhana dan mendalam; lebih merdeka; dan lebih relevan dan interaktif. Dan telah termaktub di Kurikulum PeTIK Jombang dengan istilah Hybrid dan Blended!

Baca artikel tentang Hybrid dan Blended Learning : https://pijarsekolah.id/apa-itu-blended-learning-dan-bedanya-dengan-hybrid-learning/

Baca juga : https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Lembaga terkait, Sejalan dengan konsep tersebut, maka kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka harus memperhatikan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Prinsip apa sajakah itu? 

  1. Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan;
  2. Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat;
  3. Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik;
  4. Pembelajaran yang relevan  yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra; dan
  5. Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.

Salah satu pemenuhan Kurikulum Merdeka Belajar haruslah mengacu kepada Visi Misi PeTIK Jombang yaitu :

* menerapkan metode dan strategi dalam proses kegiatan belajar mengajar dan dalam hal penjaminan mutu pra dan paska kelulusan

* prinsip kemanfaatan ilmu bagi masyarakat luas.

Visi Misi PeTIK & YBM PLN

Visi YBM PLN : Menjadi lembaga pengelola ZIS (zakat, infak, shadaqoh) terdepan yang amanah, profesional dan transparan di lingkungan PT PLN (Persero) dalam memberdayakan mustahik menjadi muzakki dan berusaha menebar manfaat sebanyak-banyaknya untuk para Mustahik di berbagai daerah Indonesia, sehingga mereka mampu berdaya dan merasakan hidup yang layak secara berkesinambungan. (https://ybmpln.org/Halaman/profile)

Salah satu Misi  YBM PLN adalah memberikan informasi, pembelajaran, pemberdayaan dan pembinaan kepada mustahik dan masyarakat luas. (https://ybmpln.org/Halaman/profile)

Korelasi Visi Misi PeTIK Jombang dan YBM PLN. 

Sebuah pandangan bahwa dengan kursus setingkat D1 adalah hanya kerja adalah kurang benar. Atau hanya melanjutkan kuliah juga kurang benar.

Mengapa kurang benar? Alasan Dasar berpikir adalah Sejalan dengan Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 26 ayat 5, maka kursus dan pelatihan diselenggarakan dengan tujuan : untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kepada masyarakat yang mebutuhkan.

Dan untuk merangkum hal diatas, magang adalah kunci jawaban yang tepat. Sebuah jembatan kolaborasi paling tepat untuk 3 kata kunci antara PeTIK Jombang dan YBM PLN : pemberdayaan mustahik menjadi Muzakki, berdaya dan bermanfaat bagi masyarakat secara berkesinambungan.

Dan menurut hemat penulis jika visi misi YBM PLN digabungkan dengan PeTIK Jombang bertujuan sebagai berikut:

"Pemberdayaan Mustahik menjadi Muzakki dengan memberdayakan Ilmu yang Manfaat dengan Magang yang berkesinambungan guna Mutu Pendidikan dan manfaat bagi masyarakat.

Pengertian Magang.

Apa itu Magang? Magang, atau dikenal dengan sebutan internship adalah penempatan kerja dengan perusahaan atau organisasi yang memberikan pengalaman kerja dan keahlian baru, yang dapat berguna untuk karir masa depan.

Manajemen waktu yang baik mempengaruhi kinerja dan produktivitas dan membantu mahasantri dalam hal memenuhi deadline tugas yang diberikan, sehingga lebih terbiasa untuk beradaptasi di dalam lingkungan kerja.

Program praktek kerja magang adalah suatu kegiatan pembelajaran lapangan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan mahasiswa/i dalam dunia kerja nyata. Pembelajaran ini dilaksanakan melalui hubungan yang intensif antara mahasantri  program praktek kerja magang dan perusahaan.

Apakah magang itu sah? Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) , terdapat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang menyebutkan magang yang telah dilakukan mahasiswa dapat diklaim menjadi angka kredit.

Sementara manfaat magang bagi mahasiswa di lembaga/perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Mengembangkan Kemampuan Mengatur Waktu

2. Pengalaman Pekerjaan

3. Berjejaring dengan Mahasiswa dari Berbagai Daerah

4. Mengembangkan Keterampilan/Mengembangkan Skill dan Bimbingan dari Perusahaan

5. Meningkatkan Relasi Dalam Lingkungan Profesional/Memperluas Jaringan Profesional

6. Menambah Pengalaman Kerja Pada Resume/membuat CV  menjadi lebih menarik.

7. Meningkatkan Kualitas Diri

8. Program Magang Membuka Wawasan

9. Meningkatkan kepercayaan diri

10. Eksplore Berbagai Karier/Pekerjaan

11. Pelajaran AlQuran di aplikasikan sebagai guru ngaji di daerah

12. Pelajaran IT langsung dipraktekkan sesuai kebutuhan dan langsung praktek

13. Manfaat untuk sesama bisa lebih dirasakan

Magang PeTIK Jombang: We teach we learn, we learn we teach

PeTIK Jombang menjadikan magang sebagai metode sekaligus strategi unggulan. Dan program ini selaras dengan salah satu pilar dari YBM PLN yaitu dalam Pilar Pendidikan dengan turut serta aktif menjadikan Mustahik menjadi Muzakki. Bahkan yang paling sering digaungkan adalah Menjejak Manfaat. Bukan saja menaikkan kapasitas diri sebagai mustahik, namun bermanfaat bagi orang lain. Nah, bukankah saat mahasantri membantu sebuah sekolah/perusahaan lain dengan segala keahlian yang mereka pelajari lalu mengajarkannya atau mengembangkan kapasitas diri karena di challange oleh lembaga?/sekolah tempata magang akan menjadi sebuah keahlian tersendiri? Bukankah secara tidak langsung mahasantri telah menjadi Muzakki Ilmu Pengetahuan dengan men sedekahkan Ilmu yang mereka peroleh. We teach we learn, we learn we teach. Semoga bermanfaat. (Febby Triandra)


Komentar

Postingan Populer